Sample Text

Pages

Thursday, February 16, 2012

Mempercepat Komputer Windows

Sering kali kita dipusingkan dengan booting Windows yang lama.  Sehingga kita merasa bosan ketika harus menunggu proses boot Windows selesai. Sebenarny ada banyak tips untuk mempercepat komputer terutama dengan OS Windows. Hal ini kembali ke spech komputer kamu, terutama procesor maupun ram nya, kalau spech komputer kamu tinggi sudah pasti loading komputer nya pun juga akan cepat, tapi bagaimana dengan komputer yang spech nya pas-pasan.  Untuk itu tidak ada salahny kita coba salah satu tips ini.  Jika tips ini berhasil moga - moga loading komputer kamu menjadi lebih cepat.




Langkah - Langkah yang perlu diperhatikan adalah:

1.Merubah regedit nya caranya :
* Masuk melaui start-run ketik regedit
* Klik tanda (+) HKEY_CURRENT_USER
* Menuju Control Panel
* Klik Dekstop temukan MenuShowDelay
* Double klik MenuShowDelay ubah value data menjadi nol

* Cara kedua masih Dekstop
* Tepat dibawah dekstop klik WindowMetrics
* Double klik MinAnimate
* Ganti value data menjadi nol

2.Melalui Windows Task Manager
* Tekan bersamaan tombol Ctrl+ALT dan Delete
* Temukan View kemudian Update speed
* ubah normal menjadi High

3.Buka windows explorer. Dalam windows explorer buka folder c:windows\prefetch. Dalam folder tersebut anda akan menemukan banyak file dengan ekstensi *.PF. Blok semua file PF tersebut kemudian hapus dari dalam komputer anda. Jika sudah lakukan restart. kenapa file di prefecth dihapus karena setiap kamu membuka sebuah program maka windows akan membuat file maka secara tidak langsung lama kelmaan file itu akan menjadi banyak dan akan menambah space hardisk kamu, itu menurut saya.

4.Optimalkan Virtual Memory
* Masuk Control Panel >> System >> Advanced >> Performance Setting >>> Pilih Custom >> Ceklis pada : “Use Drop Shadow For Icon labels on the dekstop” dan “Use Visual styles on windows and buttons” dan kemudian aplly.

* Pada menu advanced >>> Virtual memory >> Change >> Klik pada drive c:Windows >> Pilih Custom Size >> Rubah Value pada initial size dan maximum Size 2 kali lipat dari value sebelumnya misal 640 rubah ke 960 , 960 rubah 1920) atau kamu bisa merubah sesuai keinginan kamu asal lebih besar dari value sebelumnya, Kemudian klik Ok.

* Saya sarankan bila kamu punya ram 256 rubah initial size nya menjadi 512 dan maxsimum size nya 1024, atau untuk ukuran ram lainnya dua kali lipat dari jumlah ram

5.Matikan beberapa fitur Start Up.
Hal ini akan mempercepat loading Windows pada waktu start up atau pertama kali kita menghidupkan Komputer.
• Masuk menu RUN >>> Ketikan MSCONFIG >> OK >> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua cawang pada Start up kecuali Program Anti virus
• Klik Menu service >> Hilangkan centang pada Automatic Updates
• Setelah itu >>> Aplly >>> Ok dan restart komputer

6.angan lupa defrag komputer 1 bulan sekali caranya :
* klik start
* all program
* Acesories
* sisitem Tools
* Disk defragment

7.Usahakan Free space pada local disk(C) itu minimal 20GB.(disesuaikan dengan kapasitas harddisk,spesifikasi komputer anda dan kebutuhan ruang baca dari software/aplikasi yang anda gunakan).

jika setelah mengikuti langkah diatas tapi komputer masih lambat saya sarankan untuk menambah ram nya, kalau mau menambah ram sesuaikan dengan kapasitas procesor, misal nya procesor dirumah 1.8 giga usahakn ram ya dibawah 2 giga dan ingat kalau mau membeli ram baru sesuaikan merk nya dengan ram yang lama.

0 komentar:

Post a Comment

Jangan Lupa Kritikkan dan Sarannya, dan Tinggal sesuatu untuk Uploadernya meski cuma ucapan "Terima Kasih".

Sahabat Terbaik