Sample Text

Pages

Monday, November 28, 2011

YU GI OH RULES


Ada suatu permainan..permaian unik sekali…eiiitt…ko dangdutan. Saatnya  akan dikenalkan suatu permainan yang lagi booming yang berasal dari Jepang..Creatornya adalah Kazuki Takahashi. Permainan ini sudah menjamur ke mana-mana, bahkan sudah ada game online dan komunitasnya sendiri. Game tersebut sudah didokumentasikan ke dalam bentuk anime dan manga, anime me nya sudah tampil di  tiga stasiun TV yang berbeda di Indonesia. Game itu adalah Permaian Kegelapan Yu Gi Oh.
Bahan dasar dari game ini adalah kartu yang harus dimainkan oleh pemain mengikuti suatu aturan yang telah ditetapkan. Permaian ini dimainkan dalam suatu arena tersendiri yang sudah ditentukan pula bagaimana cara menggunakannya. Mungkin ada sebagian orang yang sudah tahu aturannya bahkan mahir bermain kartu ini. Kali ini bagi yang belum mengerti permainannya, bisa mengikuti tutorial yang khusus diulas buat pembaca blog ini. Kalau sudah tahu aturannya kan asyik bisa main sama teman-teman, sekaligus menjadi tidak begitu blank dalam menonton animenya yang sedang tayang  setiap hari minggu siang ini.

Pengenalan Kartu

Kartu yang digunakan terbagi ke dalam tiga kategori besar, yaitu Kartu Monster, Kartu Spell dan Kartu Trap. Kartu Monster adalah kartu yang mengandalkan nilai serangannya dan bertahannya dalam bertanding. Ada beberapa kartu monster yang memiliki efek khusus terhadap situasi dan kondisi permainan, jadi dalam permaian Yu Gi Oh ini tidak hanya bermain hitung-hitungan angka saja tetapi ada teknik tertentu yang harus digunakan dalam menggunakan kartu. Kemudian terdapat kartu Trap dan Kartu Spell yang hanya mengandalkan efek khusus yang dimilikinya dalam memenangkan permainan.

Monster Card


Di dalam kartu Monster terdapat Indeks yang berfungsi sebagai keterangan identitas dari kartu tesebut yang berfungsi dalam pertarungan.
  • Nama monster
Menyatakan nama monster apabila ingin dipanggil (istilahnya SUMMON)
  • Atribute
Menyatakan Atribute tertentu yang dimiliki monster, yang L ketahui ada 6 Atribute yang dimiliki oleh kartu monster dalam Yu Gi Oh  yaitu EARTH (tanah), FIRE (api), DARK (kegelapan), WIND (angin), WATER (air) dan LIGHT (cahaya).
  • Level
Level dalam kartu Monster dinyatakan dengan bintang, Level tersebut membedakan dalam hal cara pemanggilan (istilahnya SUMMON). Kurang tepat apabila menyatakan kalau level menyatakan kekuatan kartu karena bisa saja kartu yang levelnya rendah sangat berguna dalam pertandingan dari pada kartu berlevel tinggi.
  • Gambar Monster
Visualisasi dari Monster yang dipanggil
  • Type
Menyatakan type dari suatu kartu, tetapi genre nya lebih banyak daripada Atribute. L sebut satu persatu sesuai yang L ingat ya! Ada WARRIOR, BEAST, PLANT, SEA SERPENT, PYRO, FISH, ZOMBIE, REPTILE, WINGED BEAST, INSECT, ROCK, MACHINE, FAIRY, SPELLCASTER, AQUA, THUNDER, FIEND, heheh segitu yang L ingat
  • Keterangan
Menyatakan beberapa keterangan tentang cara pemanggilan maupun efek yang dimiliki, kadang sedikit penjelasan tentang seperti apakah monster yang tersebut.
  • Nilai ATK (attack=serangan) dan DEF (defence=pertahanan)
Apabila monster di arena diposisikan menyerang maka nilai yang dianggap adalah nilai ATK, bila dalam posisi bertahan maka nilai yang dianggap adalah nilai DEF.
Pembagian Kartu Monster
Kartu Monster terdiri dari empat jenis, diantaranya:
  • Normal Monster

Monster ini ditandai dengan warna kartu kuning muda, monster ini hanya mengandalkan ATK dan DEF tanpa memiliki efek tertentu
  • Effect Monster

Monster ini ditandai dengan warna kartu coklat, selain memiliki nilai ATK dan DEF monster ini memiliki efek khusus tertentu.
  • Fusion Monster

Monster ini termasuk monster gabungan, artinya untuk memanggil monster fusion, pemain harus memiliki monster yang dibutuhkan untuk membentuk monster fusion yang dinginkan, dan untuk menggabungkanya dibutuhkan kartu Spell bernama “Polymerization” (kadang melalui efek kartu yang lain kita bisa memanggil monster fusion tanpa syarat-syarat seperti di atas). Kartu Fusion Monster berwarna ungu.
  • Ritual Monster

Monster ini bisa dipanggil dengan cara menggunakan kartu Spell Ritual disertai pengorbanan beberapa monster seharga level yang dibutuhkan oleh Ritual Monster yang akan dipanggil (kadang melalui efek kartu yang lain kita bisa memanggil monster fusion tanpa syarat-syarat seperti di atas). Kartu Ritual Monster berwarna biru.
Pemanggilan Monster

Untuk satu giliran, pemain hanya bisa dibatasi dengan memanggil (SUMMON) satu monster. Adapun pemanggilan monster spesial (SPECIAL SUMMON) artinya pemanggilan ini tidak dihitung sebagai SUMMON, maka dapat disimpulkan bahwa pemain bisa melakukan satu SUMMON dan satu atau lebih SPECIAL SUMMON dalam satu giliran. SPECIAL SUMMON bisa terjadi karena efek kartu Monster, Trap ataupun Spell. Kadang ada beberapa Effect Monster bisa dipanggil secara SPECIAL SUMMON apabila memenuhi suatu kondisi tertentu.
Pada saat monster dipanggil (SUMMON) pemain bisa menempatkannya dalam posisi menyerang (kartu disimpan terbuka dan vertikal), atau bertahan (kartu disimpan tertutup dan horizontal). Untuk SPECIAL SUMMON juga bisa ditempatkan menyerang (kartu disimpan terbuka dan vertikal) dan bertahan (kartu disimpan terbuka-tidak tertutup seperti halnya dalam SUMMON dan horizontal), kadang posisi penempatan dari munculnya Special Monster diatur selengkapnya dalam keterangan kartu. Monster dengan level 5 ke atas dibutuhkan pengorbanan monster di Arena untuk memanggilnya, untuk level 5-6 dibutuhkan 1 monster, untuk level 7-keatas dibutuhkan 2 monster, untuk kartu dewa layaknya di Anime dibutuhkan 3 monster.
Ada istilah lain untuk pemanggilan kartu yaitu FLIP. Apabila Kartu disimpan dalam mode bertahan dengan posisi kartu tertutup di Arena kemudian terbuka akibat kita buka kartu tersebut atau karena lawan yang melakukannya baik karena kartu tersebut diserang (kartu yang tertutup dalam mode bertahan apabila diserang maka harus dibuka dalam posisi tetap horizontal) atau efek kartu lain yang ada, maka itu disebut FLIP. Biasanya dengan ter-FLIP nya suatu kartu, maka aka ada efek yang muncul sesuai keterangan pada kartu yang di FLIP. FLIP tidak dihitung pemanggilan, sama prinsipnya dengan SPECIAL SUMMON
Pada setiap giliran yang akan didapat pemain, monster-monster tersebut bisa diganti posisinya  dari posisi menyerang ke posisi bertahan, posisi bertahan yang dimaksud adalah disimpan horizontal dan posisi kartunya terbuka, tidak tertutup seperti SUMMON pertama untuk posisi bertahan, begitu pula sebaliknya, dari bertahan ke menyerang. Penggantian posisi ini hanya bisa sekali untuk satu giliran pemain bagi tiap masing-masing monster miliknya. Apabila Monster tertentu dipakai menyerang pada giliran itu, maka monster tersebut tidak bisa dipindahkan pada posisi bertahan pada giliran yang sama.

Kartu Spell

Kartu Spell diberikan warna hijau, dan seperti kartu monster, kartu spell juga terbagi menjadi beberapa kategori.
  • Normal Spell

Kartu Spell yang tanpa embel-embel symbol tanbahan pada identitas kartunya, efeknya biasanya sekali pakai, artinya bila sudah digunakan kartu tersebut keluar dari Arena dan masuk ke Kuburan (istilah yang digunakan adalah Graveyard).
  • Continous Spell

Kartu ini apabila digunakan akan terus diam di Arena dan efeknya akan terus berkepanjangan selama kartu tersebut berada di Arena.
  • Equip Spell

Kartu tersebut akan terhubung kepada Monster di Arena baik monster sendiri maupun monster milik lawan. Karena saling terhubung, apabila terjadi sesuatu pada monster bisa berimbas kepada kartu Equip Spell, begitu pun sebaliknya.
  • Ritual Spell

Kartu yang digunakan untuk memanggil Monster Ritual
  • Quick Spell

Kartu Spell yang efeknya hanya sekejep, mirip dengan Normal Spell, hanya untuk Quick Spell terdapat Symbol kilat.
  • Field Spell

Kartu Spell yang yang berfungsi sebagai pengubah jenis arena, Jadi Fiels Spell seperti kartu yang mengubah lingkungan Arena menjadi suatu tempat yang memberikan efek tertentu kepada Monster dengan kriteria tertentu sesuai dengan keterangan di dalam Kartu Field Spell tersebut.

Kartu Trap

Kartu Trap diberikan warna merah anggur, dan seperti kartu lainnya, kartu trap juga terbagi menjadi beberapa kategori. Yang membedakannya dari kartu Spell adalah kartu Trap tidak bisa dikatifkan saat kartu tersebut berada di tangan (Kartu Spell bisa diaktifkan saat berada di tangan), tetapi harus disimpan dulu di Arena dalam posisi tertutup vertikal, dan menunggu giliran kita selesai baru bisa diaktifkan. Pengaktifannya pun harus memenuhi kondisi tertentu yang sesuai, selama kondisi tersebut tidak terpenuhi maka Kartu Trap tidak bisa diaktifkan.
  • Normal Trap

Kartu Trap yang tanpa embel-embel symbol tanbahan pada identitas kartunya, efeknya biasanya sekali pakai, artinya bila sudah digunakan kartu tersebut keluar dari Arena dan masuk ke Kuburan (istilah yang digunakan adalah Graveyard).
  • Continous Trap

Kartu ini apabila digunakan akan terus diam di Arena dan efeknya akan terus berkepanjangan selama kartu tersebut berada di Arena.
  • Counter Trap

Kartu tersebut bersifat menangkis gerakan lawan baik berupa penggunaan fungsi kartu baik itu Monster, Spell maupun Trap yang dimiliki lawan.

Pengenalan Arena

Arena terdiri dari 5 area Monster (max 5 monster di Arena) dan 5 Area khusus Trap Sekaligus Spell (jadi jatah buat Spell dan Trap digabung, dan jumlah max nya adalah 5 area kartu). Untuk sisanya L berikan indeks berupa angka, kita mulai satu-satu:
1.Graveyard (“Kuburan”)
Apabila kartu keluar dari Arena maka secara umum akan langsung tersimpan di kuburan, Kadang kartu di tangan pun saat situasi tertentu juga bisa dibuang ke kuburan. Monster di dalam kuburan melalui efek kartu tertentu bisa diambil lagi.
2.Area Remove from Play
Area ini mirip “kuburan”, tetapi lebih terisolisir. Alasannya, kartu yang berada di kuburan kadang masih gampang untuk dipanggil kembali ke dalam permainan atau efek dari kartu yang terbuang ke kuburan masih terasa walaupun sudah masuk Kuburan. Kadang saat suatu kartu dipinalty harus masuk ke Area Remove from Play, seolah-olah kartu tersebut tidak bisa digunakan salam permaian kembali.
3.Field Spell Area
Khusus untuk kartu Field Spell ditempatkan di sini, tidak ditempat Spell yang biasa. Kartu Field apabila digunakan maka akan memberi efek ke seluruh Arena termasuk wilayah lawan. Penggunaan Field Spell juga hanya terbatas pada satu Kartu untuk kedua pemain, artinya kedua pemain tidak bisa menggunakan Kartu Fieldnya secara berbarengan. Sistemnya bersifat Replace, Apabila pemain mengkatifkan Kartu Field baru, maka Kartu Field sebelumnya yang digunakan akan hancur dan digantikan dengan satu Kartu Field baru.
4.Fusion Deck
Tempat menyimpan Monster Fusion. Monster Fusion disimpan di luar Deck (kumpulan kartu yang digunakan saat kita bermain) umum dan tetap dihitung sebagai bagian dari Deck yang digunakan secara keseluruhan.
Deck
Gambar Warna Coklat pada sisi kanan bawah menyatakan kartu yang masih ditutup yang nanti digunakan dalam permainan. Jumlah minimal kartu di Deck biasanya 40, untuk maksimalnya L tidak tahu.

Aturan Main

Pertama-tama pemain melakukan suit, pemenangnya akan menentukan siapa yang melakukan giliran pertanma atau kedua. Setelah itu kedua kartu Deck akan dikocok dan kemudian disimpan di tempatnya. Kedua pemain masing-masing mengambil 5 kartu dari Deck dan disimpan di tangan.
Pemain yang kebagian giliran pertama kemudian mengambil satu kartu dari Deck (Draw Phase) untuk ditambahkan ke tangan, berarti sekarang kartu yang berada ditangan ada 6 buah. Kemudian pemain tersebut berhak memanggil monster baik berupa SUMMON atau SPECIAL SUMMON, kemudian boleh memasang satu atau lebih kartu Trap dalam posisi tertutup horizontal atau penggunaan Kartu Spell baik langsung dari tangan atau disimpan tertutup dulu di Arena layaknya kartu Trap.
Setelah selesai urusan menyimpan kartu di Arena, maka giliran pemain pertama pun selesai. Dan pemain kedua melakukan hal yang sama, setelah urusan menyimpan kartu selesai, maka pemain kedua diberikan giliran pertama untuk menyerang (BATTLE PHASE). Dapat disimpulkan kalau pemain pertama diberi kesempatan pertama untuk men-set kartu di Arena tetapi tidak diberi kesempatan menyerang pertama, sedangkan pemain kedua mendapat kesempatan kedua men-set kartu tetapi dalam hal permulaan serangan, pemain kedua lah yang pertama kali boleh memulai.
Serangan monster pemain kedua yang dilancarkan akan menyerang monster lawannya. Apabila monster pemain kedua menyerang monster pemain pertama yang ditempatkan dalam posisi menyerang juga, maka nilai ATK kedua monster dibandingkan. Monster dengan nilai ATK tertinggi akan menang, dan monster dengan nilai ATK terendah akan hancur dan keluar dari Arena menuju kuburan (Graveyard), selisih dari nilai ATK tersebut akan dikurangkan terhadap LIFE POINT dari pemain yang monsternya mati (masing-masing pemain biasanya memiliki nilai LIFE POINT sebanyak 8000, kalau kita lihat di Anime, hanya 4000 saja). Apabila nilai ATK kedua monster sama kedua monster akan hancur dan tidak ada pengurangan LIFE POINT. Jikalau pemain pertama tidak memiliki monster untuk di arenanya untuk menghalangi serangan monster pemain kedua maka monster pemain kedua bisa menyerang pemain secara langsung, implikasinya nilai ATK monster yang menyerang akan dikurangkan terhadap LIFE POINT pemain yang diserang.
Kasus lain apabila pemain kedua tersebut menyerang monster pemain pertama yang diposisikan dalam posisi bertahan, moster bertahan yang diposisikan tertutup akan ter-FLIP, kalo yang sudah terbuka ya terbuka saja tidak lantas menjadi tertutup…hehe. Kemudian nilai ATK monster menyerang dibandingkan dengan nilai DEF monster bertahan. Apabila ATK lebih tinggi daripada DEF, monster bertahan akan hancur dan keluar dari Arena menuju kuburan (Graveyard). Selisih dari nilai ATK dan DEF tersebut tidak dikurangkan ke pemain yang monsternya hancur, karena monster tersebut hancur pada posisi bertahan, bukan posisi menyerang. Jikalau nilai DEF lebih tinggi daripada nilai ATK maka pemilik monster penyerang akan mendapat pengurangan LIFE POINT, sesuai selidih DEF dengan ATK, tetapi kedua monster tidak ada yang hancur. Apabila nilai ATK dan DEF sama maka tidak ada pengurangan LIFE POINT, dan kedua monster tidak hancur, karena salah satu monster disimpan dalam posisi bertahan. Kadang ada Monster yang bisa langsung menyerang pemain secara langsung walaupun ada monster yang menghalanginya (DIRECT DAMAGE).
Satu Monster diberikan satu giliran menyerang. Apabila selesai BATTLE PHASE, maka pemain bisa mengambil MAIN PHASE 2, pada kesempatan ini bila memungkinkan pemain bisa mengganti posisi monster, mengaktifkan Trap Card maupun pengaktifan Spell Card juga bisa melakukan SUMMON atau SPECIAL SUMMON apabila pada sesi sebelum bertarung belum melakukannya. Setelah tahap-tahap tadi selesai giliran pemain bisa diakhiri (END TURN). Kemudian berikutnya giliran pemain pertama, pemain pertama kini bisa melakukan seperti apa yang dilakukan pemain kedua diatas.

Who is The Loser

Yang kalah adalah pemain yang LIFE POINT nya habis, kartu di Deck nya habis digunakan, atau mengaku kalah ditengah pertandingan.

Who is The Winner

Tentu yang bukan Loser adalah Winner.

Tips dari L dalam bertanding Kartu Yu Gi OH

  • Variasikan Deck kamu dengan beragam kartu hingga Deck kamu seimbang
  • Ciptakanlah Combo (teknik) serangan kartu diantara kartu yang kamu miliki
  • Jangan terlalu banyak menyimpan kartu di Deck, karena akan mengurang peluang timbulnya Combo serangan kartu
  • Mainlah Game Yu Gi Oh baik melalui media elektronik atau bersama yang sudah ahli dengan tujuan mengenal kartu, melatih Combo atau mengenal aturan permainan ini secara mendalam.

LETS DUEL

 
http://samegawara.blogspot.com/2011/03/yu-gi-oh-rules.html

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Jangan Lupa Kritikkan dan Sarannya, dan Tinggal sesuatu untuk Uploadernya meski cuma ucapan "Terima Kasih".

Sahabat Terbaik