Sample Text

Pages

Friday, November 18, 2011

Kelompok Antagonis Terkeren Part2

#6 Organisasi Hitam (Meitantei Conan)




Manga : Meitantei Conan
Author : Aoyama Gosho
Nama Kelompok : Organisasi Hitam
Nama Lain : Organisasi Berbaju Hitam, Black Organization
Deskripsi Singkat : Organisasi kriminal elit
Tujuan : Melakukan kriminal seperti pencurian, pembunuhan dengan alasan tertentu
Pimpinan : Anokata (orang itu)
Anggota : Gin, Vodka, Vermouth, Chianti, Korn, Bourbon

Organisasi kriminal rahasia yang menjadi misteri terbesar dalam serial Metantei Conan (Detektif Conan). Anggota dari organisasi ini memakai nama samaran berdasarkan nama minuman keras. Sindikat kriminal yang menjadi dalang dari banyak kejahatan ini sangat teliti dan rapi dalam setiap tindakannya, hampir tidak ada bukti tertinggal yang bisa mengarah padanya.

Pemimpin dari organisasi ini masih misterius, kehadirannya hanya nampak dari percakapan Gin di telepon. Gin menyebut bos besarnya itu dengan "ano kata", bahasa Jepang untuk "that person" atau "orang itu". Nama organisasi hitam pun hanya julukan, nama sebenarnya dari organisasi ini masih belum diketahui.

Organisasi hitam sudah muncul sejak awal serial Meitantei Conan. Dimana dua anggotanya, Gin dan Vodka adalah yang membuat tubuh Shinichi menyusut dengan meminumkannya racun APTX 4869.

Banyak teori yang beredar diantara para penggemar serial Meitantei Conan seputar organisasi hitam ini, termasuk siapa kira-kira pemimpinnya. Hal ini karena masih sedikitnya informasi seputar organisasi hitam ini dan bisa jadi kenyataan dibalik organisasi hitam ini menjadi akhir dari kisah Conan.

Keunikan, kemisteriusan, dan sepak terjangnya yang akurat inilah yang membuat organisasi hitam menjadi kelompok antagonis favorit, tidak hanya oleh kalangan penggemar serial Conan tapi para penggemar anime dan manga.



Berikut beberapa anggota Organisasi Hitam yang pernah menampakkan diri (tidak menutup kemungkinan akan bertambah seiring bergulirnya kisah) :

Anokata

Pemimpin dari Organisasi Hitam ini masih sangat misterius, wajahnya pun belum diketahui, identitas tentang gender, umur dan lokasi keberadaannya pun masih belum jelas. Kehadirannya hanya muncul dari percakapan Gin yang sering menyebutnya sebagai "orang itu".

Gin

Salah seorang anggota organisasi hitam yang paling awal muncul. Dialah yang meminumkan racun APTX 4869 pada Shinichi Kudo yang mengakibatkan tubuhnya menyusut hingga seukuran anak SD. Kedudukannya dalam Organisasi Hitam termasuk tinggi karena sering memberikan perintah kepada anggota lain dibawahnya. Lelaki berambut panjang berwarna pirang ini mengendarai Porsche 356A. Lelaki dingin yang memiliki spesialisasi dalam koordinasi dan membunuh ini termasuk sangat kejam, karena tega membunuh rekannya sendiri yang sudah tidak berguna.

Vodka

Rekan Gin yang berbadan agak gemuk dan berkaca mata hitam, merupakan partner dari Gin yang lebih sering terlihat bersama Gin dalam menjalankan aksinya. Berbeda dengan Gin yang tenang dan penuh perhitungan, Vodka lebih ceroboh dan cenderung bodoh karena hanya mengikut intruksi Gin yang biasa ia sebut sebagai kakak. Pernah hampir dijebak oleh Conan namun berhasil lolos.



Vermouth

Wanita bernama asli Chris Vineyard ini sebenarnya adalah seorang aktris terkenal di Amerika. Keahliannya yang paling hebat adalah di bidang menyamar, sama seperti ibu Shinichi, Yukiko Kudo. Vermouth yang cerdas dan cantik merupakan anggota organisasi hitam yang paling dekat dengan pemimpinnya. Usia wanita ini masih menjadi teka-teki lantaran diduga berusia lebih tua dari yang terlihat. Memiliki kemiripan aneh dengan sosok Sharon Wineyard yang diakuinya sebagai ibunya, hal itu memunculkan teori bahwa Vermouth adalah Sharon itu sendiri. Vermouth mengetahui identitas Conan dan Ai yang sebenarnya, namun menyimpan rahasia itu sendiri. Kalimat favoritnya adalah "a secret makes a woman woman".

Chianti

Wanita yang bertugas sebagai sniper atau penembak jitu dari organisasi hitam. Wanita haus darah ini membenci Vermouth dan dalam aksinya biasanya mendapat perintah dari Gin. Pertama kali muncul pada manga Conan volume 48.



Korn

Merupakan seorang Sniper profesional sama seperti Chianti, juga muncul pada manga Conan volume 48. Meski demikian, sifatnya berbeda dengan wanita haus darah tersebut, Korn kebih kalem dan terlihat menikmati pekerjaannya.



Bourbon

Anggota paling baru dari organisasi hitam. Masih belum jelas tentang jati dirinya yang sebenarnya, yang jelas Bourbon sangat ahli dalam kemampuan menginvestigasi dan analisis informasi layaknya Sherlock Holmes. Wawasannya juga sangat luas, namun sangat lihai seperti Vermouth. Kabarnya Bourbon sedang mengincar Sherry atau Ai Haibara. Ai Haibara sendiri mencurigai Bourbon sebagai Subaru Okiya yang tinggal di rumah Conan.

Selain pemimpin dan keenam anggota utama tersebut, organisasi hitam juga memiliki beberapa anggota lain yang terbagi menjadi beberapa divisi, termasuk beberapa diantaranya yang sudah tewas dan menghilang.




#7 Espada (Bleach)



Manga : Bleach
Author : Tite Kubo
Nama Kelompok : Espada
Nama Lain : Esupada, Ten Blades
Deskripsi Singkat : Sepuluh arrancar terkuat dalam pasukan Aizen
Tujuan : Menghancurkan kota Karakura dan mewujudkan rencana jahat Aizen
Pimpinan : Sosuke Aizen, Gin Ichimaru, Kaname Tosen
Anggota : Coyote Starrk, Baragan Luisenbarn, Tia Harribel, Ulquiorra Cifer, Nnoitra Gilga, Grimmjow Jaegerjaquez, Zommari Leroux, Szayel Aporro Granz, Aaroniero Arruruerie, Yammy Riyalgo

Untuk mewujudkan ambisinya menghancurkan Soul Society dan menguasai dunia, Aizen bersama Tosen dan Ichimaru mempunyai pasukan Arrancar yang setia kepadanya. Arrancar sendiri adalah evolusi tertinggi dari hollow yang mempunyai zanpakuto layaknya Shinigami.

Diantara ratusan pasukan Arrancar yang berada dibawah komando Aizen, terdapat sepuluh Arrancar terkuat yang disebut Espada. Kesepuluh arrancar tersebut memiliki nomor di badan masing-masing yang menunjukkan besarnya kekuatan mereka (semakin sedikit nomornya semakin hebat kekuatan yang dimiliki).

Saking hebatnya, kemampuan para anggota Espada ini bisa disejajarkan dengan para kapten di Gotei 13, bahkan lebih. Espada mulai muncul di season ketiga Hueco Mundo serial Bleach sebagai lawan-lawan yang harus dihadapi Ichigo dan kawan-kawan sebelum menantang bos besar, otak dari segala kekacauan Bleach, Aizen Sosuke.

Keunikan sifat para anggotanya, penggunaan nomor sebagai peringkat kekuatan, dan kekuatan dari masing-masing anggota membuat Espada menjadi salah satu kelompok antagonis paling populer dalam serial Bleach.

Berikut adalah sepuluh arrancar yang tergabung dalam Espada :

Coyote Starrk

Lelaki pemalas yang berperawakan mirip Aizen ini merupakan yang terkuat diantara para arrancar Espada. Kedudukannya sebagai Primera Espada ditunjukkannya dengan angka 1 yang terdapat pada tangan kirinya, angka 1 tersebut juga melambangkan kesendirian. Zanpakuto yang dimiliki oleh Coyote adalah sepasang pistol yang dapat menembakkan cero berdaya hancur tinggi yang disebut Los Lobos. Meskipun terkuat dalam Espada, namun Coyote tidak sesemangat temannya yang lain dalam membantai musuh. Riwayat Coyote pun akhirnya harus berakhir di tangan kapten divisi 8, Kyoraku Shunsui.

Baragan Luisenbarn

Arrancar yang tampak seperti kakek-kakek berusia lanjut ini merupakan Segunda Espada atau arrancar terkuat kedua dalam Espada setelah Coyote Starrk. Zanpakuto miliknya bernama Arrogante. Hingga akhir riwayatnya yang mati ditangan Hachigen Ushoda, letak angka 2 di tubuhnya masih belum diketahui. Aspek kematian yang dilambangkan Baragan adalah tua, cocok sekali dengan perawakannya. Sebagai seorang Espada, Baragan adalah yang paling banyak memiliki Fraccion yakni Choe Neng Poww, Charlotte Cuuhlhourne, Avirama Redder, Findor Carias, Ggio Vega, dan Nirgge Parduoc.

Tia Harribel

Tia Harribel dijuluki Tres Espada atau Espada nomor tiga terkuat, hal itu tampak pada angka 3 yang terdapat di dadanya. Tia merupakan satu-satunya wanita dalam kelompok Espada. Harribel melambangkan pengorbanan, hal ini sesuai dengan akhir riwayatnya yang dibunuh oleh pemimpinnya sendiri, Aizen Sosuke. Zanpakuto miliknya bernama Tiburon, sedangkan Fraccionnya terdiri dari Apacci, Mila Rose, dan Sung-Sun.


Ulquiorra Cifer

Arrancar berjuluk Cuatro Espada ini merupakan arrancar terkuat nomor empat dalam kelompok Espada. Ulquiorra digambarkan berwajah dingin dan pendiam, selalu fokus pada tugas yang diberikan Aizen kepadanya. Sebagai seorang karakter antagonis, Ulquiorra tidak segan-segan menebaskan pedangnya dan menganggap lawan yang lemah adalah sampah. Ulquiorra tidak memiliki Fraccion, sedangkan zanpakuto miliknya bernama Murcielago. Sisa Hollow yang ada pada dirinya adalah helm yang menutupi sisi kiri kepalanya. Ulquiorra melambangkan kekosongan, riwayatnya tamat ditangan Hollow Ichigo.

Nnoitra Gilga

Arrancar terkuat nomor lima dalam Espada atau biasa disebut Quinto Espada. Sifat dan perilaku Nnoitra hampir mirip dengan arrancar dibawahnya, Grimmjow yakni suka bertarung dan gemar membantai, bahkan lebih parah karena tidak punya jiwa ksatria dengan membabat musuh yang sudah terluka. Zanpakuto milik Nnoitra adalah Santa Teresa, sedangkan Fraccionnya bernama Tesla Lindocruz. Arrancar kejam yang tidak segan membunuh teman sendiri ini akhirnya harus mati di tangan kapten divisi 11, Zaraki Kenpachi.

Grimmjow Jaegerjaquez

Sexta Espada atau arrancar terkuat keenam dari Espada, ditunjukkan dengan tato angka 6 di punggungnya. Grimmjow dilambangkan sebagai kehancuran dan itu sangat cocok sekali dengan sifatnya yang emosional, brutal dan sadis. Tak jarang Grimmjow menolak perintah Aizen, atasannya sendiri. Arrancar dengan zanpakuto Pantera ini begitu percaya diri dan tak segan menebas musuh yang meremehkannya. Fraccion yang setia kepadanya adalah Shawlong Kufane, Edrad Liones, Yylfordt Granz, Di Rov Rinker, dan Nakeen Grindina. Grimmjow akhirnya harus mengakui kekalahannya dari Ichigo dan nyaris dibinasakan oleh Gilga.

Zommari Rureaux

Bergelar Septima Espada atau arrancar terkuat ketujuh dari Espada. Zommari digambarkan sebagai lelaki besar, berbadan tinggi dan berkulit gelap dengan gaya rambut mohawk seperti tulang. Arrancar ini tidak mempunyai Fraccion, sedangkan zanpakutonya bernama Brujeria. Nyawanya harus tamat di tangan salah satu kapten terkuat Gotei 13, yakni kapten divisi 6, Byakuya Kuchiki.



Szayel Aporro Granz

Merupakan arrancar terkuat nomor delapan dari Espada dan bergelar Octava Espada. Lelaki cantik berambut merah muda ini merupakan adik dari Yylfordt Granz yang merupakan salah seorang Fraccion Grimmjow. Tak banyak sisa topeng hollow yang dimilikinya kecuali kaca mata yang dikenakannya. Mempunyai zanpakuto bernama Fornicaras dan beberapa Fraccion, beberapa diantaranya adalah Lumina and Verona serta Medazeppi. Riwayatnya berakhir setelah bertarung melawan kapten divisi 12, Mayuri Kurotsuchi.

Aaroniero Arruerie

Merupakan satu-satunya Espada yang berasal dari kelas Gillian. Dengan angka 9 di kepalanya, Aaroniero merupakan Noveno Espada atau peringkat kesembilan dari Espada. Zanpakuto miliknya bernama Glotoneria dan tidak mempunyai Fraccion, Aaroniero sendiri melambangkan ketamakan. Berhasil dibunuh oleh Rukia Kukichi.




Yammy Riyalgo

Awalnya Yammy adalah Dioz Espada atau arrancar dengan peringkat kesepuluh dalam Espada. Tapi itu sebelum ia melepaskan zanpakutonya yang bernama Ira. Begitu Yammy melepaskan zanpakuto, maka espada dengan tato angka 10 di pundak kirinya ini akan berubah menjadi sangat kuat, bahkan menjadi yang terkuat dalam espada dengan gelar Cero Espada, hal itu terbukti dengan berubahnya angka 10 menjadi 0 yang tertulis di pundaknya. Arrancar yang dilambangkan dengan amarah ini akhirnya berhasil ditaklukan duet Byakuya Kuchiki dan Kenpachi Zaraki.




#8 Gold Saints (Saint Seiya)



Manga : Saint Seiya
Author : Masami Kurumada
Nama Kelompok : Gold Saints
Nama Lain : Gorudo Seinto, Saint Emas
Deskripsi Singkat : Saint-saint paling kuat dalam pasukan Athena
Tujuan : Penjaga kuil masing-masing di Sanctuary
Pimpinan : Pope of Sanctuary (Gemini Saga)
Anggota : Aries Mu, Taurus Aldebaran, Cancer Deathmask, Leo Aiolia, Virgo Shaka, Libra Dohko, Scorpio Milo, Sagittarius Aiolos, Capricorn Shura, Aquarius camus, Pisces Aphrodite

Merupakan 12 saint terkuat dari pasukan Athena yang konon tak terkalahkan. Para saint ini terlihat mencolok dengan memakai 12 jubah emas yang merupakan perwujudan dari 12 konstelasi zodiak. Jubah emas itu konon merupakan jubah terkuat dari 88 jubah yang ada. Kesemua Gold Saints memiliki kemampuan indera ketujuh, yakni intisari cosmo, dimana kemampuan tersebut memberi mereka kekuatan menakjubkan serta dapat bergerak dengan kecepatan cahaya.

Awalnya Gold Saints bertugas sebagai penjaga Athena di Sanctuary, namun sebuah pengkhianatan terjadi dan Athena (Saori Kido) yang saat itu masih bayi terpaksa mengungsi dari Sanctuary. Kekuasaan Sanctuary berpindah pada Saint Gemini usai membunuh Pope of Sanctuary, Shion. Sebagai Pope, Gemini Saga berkuasa mengendalikan para Gold Saints dibawah perintahnya. Termasuk menghalangi Seiya dan kawan-kawan yang berusaha menggulingkan kekuasaannya.

Meski lawan yang dihadapi Seiya dalam serial Saint Seiya sangat lah banyak seperti Godwarrior Odin atau Mariner Poseidon, namun Gold Saints adalah yang paling terkenal diantara semua lawan yang pernah dihadapi Seiya dan saint perunggu lainnya. Gold Saints tak hanya unik karena mengadaptasi 12 zodiak, tapi juga memiliki masa lalu dan cerita yang terkuak seiring berjalannya cerita. Selain itu, cloth yang dipakai oleh masing-masing saint juga sangat menarik dan kepopulerannya membuat Gold Saints sering dijadikan action figure.

Berikut para saint yang tergabung dalam Gold Saints :

Aries Mu

Aries Mu digambarkan sebagai seorang yang lembut, sikapnya tenang dan mengedepankan logika. Sebagai seorang Saint, Mu adalah yang paling banyak memiliki kelebihan, seperti kekuatan psikis, psikokinesis, telepati, hingga teleportasi. Selain kemampuan tersebut, penjaga kuil Aries ini juga memiliki kelebihan lain yang tidak dipunyai oleh Gold Saint lainnya, yakni kemampuan memperbaiki cloth yang rusak. Teknik bertarung yang dikuasai Mu antara lain Crystal Wall, Crystal Net, Stardust Revolution, Starlight Extinction, dan Glamour Illusion.

Taurus Aldebaran

Pemilik fisik terkuat di antara Gold Saint lainnya. Aldebaran berasal dari Brazil dan merupakan teman baik Aries Mu. Meskipun pengikut perintah Pope Gemini saga, namun Aldebran digambarkan sebagai orang yang ramah dan kurang serius. Aldebran juga mengedepankan rasionalitas, sama seperti Mu, dimana ia mempercayai keteguhan Seiya untuk membela Athena. Hal itu membuat Aldebran semakin ragu pada Pope Gemini Saga yang dibelanya. Penjaga kuil Taurus ini menguasai teknik Great Horn untuk bertempur dengan lawannya.

Cancer Deathmask

Merupakan salah satu Gold Saint yang mengetahui kenyataan sebenarnya tentang pengkhianatan Gemini Saga dan upayanya menjadi Pope of Sanctuary. Meski demikian Deathmask tetap menaati perintah Pope Gemini saga. Hal itu tak lain karena sifat Deathmask sendiri yang jahat dari awal dan termasuk saint paling sadis, dimana ia memajang wajah korbannya di kuil Cancer yang ia jaga. Teknik yang Deathmask gunakan dalam pertarungan adalah Praesepe Underworld Waves.

Leo Aiolia

Merupakan adik dari Sagitarius Aiolos. Sebagai adik dari seseorang yang dianggap berkhianat karena berusaha membunuh Athena sewaktu bayi, Aiolia tumbuh sebagai seseorang dengan rasa kesetiaan yang tinggi untuk menghapus malu akan kakaknya. Kebenaran dan kekuatan yang dimiliki Aiolia menjadi contoh bagi Gold Saint lainnya, meski demikian Aiolia digambarkan kurang sabar, semangat tinggi yang dimilikinya mempengaruhi tindakannya. Hal ini kerap memicu konflik dengan Aries Mu yang sifatnya bertolak belakang dengan Aiolia. Teknik yang digunakan Aiolia antara lain Lightning Bolt dan Lightning Plasma.

Virgo Shaka

Gold Saint yang paling banyak bicara tentang dirinya sendiri. Penjaga kuil Virgo ini menganggap dirinya hampir setingkat dengan dewa. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, kekuasaan dan kemampuannya dalam mengendalikan Araya Shiki (indera kedelapan) membuatnya memiliki kekuatan luar biasa. Meski demikian, lawan yang dihadapi Shaka adalah Phoenix Ikki yang juga memiliki kekuatan besar. Lewat pertarungan dahsyat, Ikki berhasil menjatuhkan Shaka. Dari pertemuannya dengan Ikki, Shaka pun mulai berubah sikapnya, termasuk kemudian mengetahui kenyataan sebenarnya tentang pope yang dibelanya. Dalam pertarungan, Shaka menggunakan teknik Ohm, Khan, Demon Pacifier, Transmigration of the Six Realms, Dharmacakra Mudra, Heavenly Supremacy of Spirits of River and Mountains Over Evil, dan The Treasures of Heaven.

Libra Dohko

Guru dari Shiryu ini merupakan salah satu Gold Saint yang berhasil selamat dari perang suci 243 tahun yang lalu. Penampilannya yang sangat tua merupakan akibat dari ilmu Misopetha Minos yang dimilikinya. Sebagai seorang Gold Saint senior dengan pengalaman hampir tiga abad, Dohko lebih sering tidak berada di kuilnya. Hari-harinya dihabiskan untuk mengajar dan membimbing Saint Perunggu, Shiryu adalah salah satu dari muridnya yang paling bisa diandalkan. Teknik yang dimiliki Libra Dohko antara lain Lushan's Hundred Dragon Force dan Misopothamenos.

Scorpio Milo

Penjaga kuil Scorpio ini merupakan seseorang yang memiliki kebanggan dalam berperang. Meski demikian, Milo juga berjiwa ksatria karena mau mengakui kekalahan, bahkan terhadap musuh yang lebih lemah sekalipun. Milo juga selalu memberi pilihan kepada lawannya untuk menyerah atau menerima serangannya yang dapat menimbulkan sakit luar biasa hingga menjadi gila karenanya. Hyoga pun pernah merasakan sakitnya serangan Milo saat melawannya. Milo memiliki teknik serangan yakni Retriction, Scarlet Needle, dan Scarlet Needle-Antares.

Sagittarius Aiolos

Kakak dari Leo Aiolia. Seorang Gold Saint terbaik yang difitnah berusaha membunuh Athena yang masih bayi padahal sebenarnya malah berusaha melindunginya. Karena dianggap pengkhianat, Aiolos akhirnya harus merelakan nyawanya melayang di tangan Capricorn Shura saat melindungi Athena. Penjaga kuil Sagittarius ini meski sudah meninggal tapi sering membantu Seiya berkali-kali, termasuk mengirimkan Gold Cloth Sagittarius untuk dipakai oleh Seiya. Salah seorang pemegang peran penting dalam cerita Saint Seiya ini memiliki teknik Golden Arrow dan Atomic Thunderbolt yang hanya ada dalam versi anime.

Capricorn Shura

Penjaga kuil Capricorn ini termasuk Gold Saint yang sangat setia pada Athena. Namun kesetiaanya itu justru membuatnya menjadi hilang akal yang akhirnya membunuh Sagittarius Aiolos yang dianggapnya berusaha menculik dan membunuh Athena yang masih bayi. Fitnah tentang Aiolos sebagai seorang pengkhianat juga berasal dari Shura. Kesetiaannya kemudian berpindah kepada Pope palsu Gemini Saga dan menjadi salah seorang bawahan yang terkuat. Shura memiliki teknik dalam bertarung, antara lain Excalibur dan Jumping Stone.

Aquarius Camus

Guru dari Cygnus Hyoga ini merupakan Gold Saint penjaga kuil Aquarius. Digambarkan sebagai seseorang dengan perilaku dingin dan tidak ingin menampakkan emosinya di depan orang lain. Sebagai seorang Gold Saint, Camus sebenarnya tahu kenyataan sebenarnya di balik kepalsuan Pope of Sanctuary, namun tugasnya sabagai Gold Saint penjaga kuil Aquarius tetap dipenuhinya. Perbedaan kubu membuatnya harus bertempur dengan muridnya sendiri, Hyoga. Pertempuran sengit pun terjadi yang mengantarkan mereka dalam kondisi nyaris mati. Hingga akhirnya Camus tersadar akan kekeliruannya. Camus memiliki teknik antara lain Diamond Dust, Freezing Coffin, Aurora Execution, dan Kol'tso.

Pisces Aphrodite

Salah seorang Gold Saint ini digambarkan tidak memiliki rasa belas kasihan terhadap musuhnya. Hal ini bertolak belakang dengan wajahnya yang cantik dan selalu terlihat membawa bunga mawar. Pisces Aphrodite juga menjadi salah seorang dari sedikit Gold Saint yang mengetahui kenyataan sebenarnya dari Pope of Sanctuary. Namun tetap saja ia menaati perintah Pope. Melalui sebuah pertarungan panjang, Andromeda Shun berhasil mengalahkan Aphrodite, sekaligus membalaskan dendam gurunya yang telah dibunuh oleh Aphrodite. Aphrodite memiliki teknik antara lain Bloody Rose, Piranha Roses, dan Royal Demon Roses.

Gemini Saga

Otak dibalik semua pengkhianatan dan kekacauan Sanctuary. Demi ambisinya melenyapkan Athena dan menguasai dunia, Saga membunuh Pope Shion dan menggantikannya sebagai Pope of Sanctuary. Saga memiliki kepribadian ganda, dimana salah satunya memiliki kebaikan bak malaikat, sedang yang lain sangat jahat seperti setan. Hal itu cocok sekali dengan simbol zodiak gemini yang berarti kembar. Dua kepribadian yang berbeda itu kerap kali membuat konflik batin dalam diri Saga, yang membuatnya sering berbicara sendiri.


 
#9 Juppongatana (Rurouni Kenshin)


Juppongatana
Manga : Rurouni Kenshin
Author : Nobuhiro Watsuki
Nama Kelompok : Juppongatana
Nama Lain : The Ten Swords
Deskripsi Singkat : Sepuluh petarung samurai penentang pemerintahan Meiji
Tujuan : Menghancurkan pemerintahan Meiji dan menguasai Jepang
Pimpinan : Shishio Makoto
Anggota : Seta Sojiro, Oonuma Usui, Yukyuzan Anji, Sadojima Hoji, Sawagejo cho, Honjo Kamatari, Kariwa Henya, Iwanbo, Elder Saizuchi, Fuji

Juppongatana adalah kelompok samurai yang dibentuk oleh Makoto Shishio, seorang samurai pembunuh di era sebelum Meiji. Juppongatana dibentuk dengan tujuan untuk menghancurkan pemerintahan Meiji sekaligus untuk menguasai Jepang. Juppongatana muncul sebagai kelompok antagonis dalam arc Kyoto (volume 7-17) manga Rurouni Kenshin.

Tentunya niat jahat Shishio dan Juppongatana mendapat perlawanan dari Kenshin Himura beserta teman-temannya yang tergabung dalam Kyoto Oniwabanshu. Pertempuran diantara masing-masing karakter menjadi pertarungan yang sarat akan emosi, seperti Sanosuke Sagara yang harus melawan gurunya sendiri.

Meskipun lawan yang dihadapi Kenshin umumnya berkelompok seperti Aoshi Shinomori dengan Oniwabanshu atau Enishi Yukishiro dengan Rokunin Nakama, namun Juppongatana mendapat tempat tersendiri dalam cerita Rurouni Kenshin. Dimana Juppongatana merupakan kelompok antagonis dengan jumlah terbanyak yang harus dihadapi Kenshin, dengan tujuan yang besar dan berbahaya, cerita yang kompleks serta pertarungan akhir yang sengit.

Dengan musuh sekelas Juppongatana, tak pelak Kyoto arc merupakan arc terkeren dalam manga Rurouni Kenshin.

Berikut daftar karakter antagonis yang tergabung dalam Juppongatana yang dibentuk Shishio :

Seta Sojiro


Seorang remaja tanggung yang selalu tampak tersenyum, namun dibalik itu semua Sojiro adalah seorang samurai tangguh yang membunuh tanpa perasaan dan menjadi tangan kanan Shishio.
Bocah dengan masa lalu suram ini ditemukan Shishio ketika masih sangat kecil. Sojiro yang selalu tersenyum meskipun dalam keadaan genting menarik perhatian Shishio yang kemudian mengangkatnya sebagai murid.



Uonuma Usui

Merupakan seorang pendekar buta bersenjatakan tombak pendek rochin untuk menyerang dan tempurung kura-kura tinbei untuk bertahan.
Awalnya Usui tidak lah buta, namun pertarungan dengan Shishio di masa lalu lah yang membuat ia kehilangan penglihatan. Namun dibalik kekurangannya tersebut, Usui mendapatkan anugerah lain, yakni Shingan, sebuah kemampuan mendengarkan denyut jantung sehingga dapat menebak posisi seseorang dan emosi orang tersebut.
Meski dendam dengan Shishio, Usui menerima ajakan Shishio untuk bergabung dengan Juppongatana. Hal itu karena dengan bergabung ke Juppongatana, Usui dapat dengan mudah membalas dendam dengan membunuh Shishio kapan saja ia mau.
Namun sebelum dendam terbalaskan, Usui harus berhadapan dengan Saito yang akhirnya mencabut nyawanya. Sebelum kematian Usui, Saito sempat berkata bahwa dengan kemampuan Usui sekarang tak akan bisa mengalahkan Shishio.
Dalam Juppongatana, Usui merupakan orang terkuat nomor dua.

Yukyuzan Anji

Anji merupakan orang ketiga terkuat dari Juppongatana, merupakan seorang mantan biksu yang memiliki masa lalu yang pahit.
Meskipun kelompoknya bernama Juppongatana (ten swords), namun Anji tidak menggunakan pedang dalam pertarungan. Anji yang petarung tangan kosong memiliki teknik Futae no Kiwami, sebuah teknik pukulan dengan menggunakan dua kali hantaman, jari dan tempurung tangan.
Dalam perjalanannya, Anji sempat bertemu dengan Sanosuke Sagara. Sagara yang melihat Anji berlatih, meminta Anji mengajarinya teknik Futae no Kiwami tersebut. Dengan cepat Sagara mempelajari teknik tersebut dan menguasainya.
Saat itu mereka berdua tidak sadar jika mereka berada di dua kubu yang berseberangan dan kelak mereka akan saling berhadapan dalam pertempuran.
Dalam pertempuran tersebut, Sagara berhasil menang dengan menggunakan teknik Sanju no Kiwami. Pada akhir kisah Juppongatana, Anji yang kalah kemudian dihukum 25 tahun penjara di Hokaido.

Sadojima Hoji

Lebih parah dari Anji yang masuk Juppongatana padahal petarung tangan kosong, Hoji malah tidak bisa bertarung sama sekali. Namun yang membuatnya dapat diterima dalam Juppongatana adalah kemampuan organisirnya yang mumpuni, dengan kemampuannya sebagai pengatur strategi, membuat Hoji menjadi orang kedua Shishio dalam memerintah.
salah satu prestasinya adalah membeli Rengoku, kapal perang berukuran raksasa dari pasar gelap untuk menghancurkan kota. Beruntung Kenshin, Sanosuke, dan Saito tiba di saat yang tepat untuk menghancurkan kapal.
Kesetiaan dan loyalitasnya pada Shishio juga menjadi alasan dirinya diterima di Juppongatana. Hoji lah yang paling yakin Shishio dapat merealisasikan ambisinya. Hoji juga sangat yakin Shishio adalah samurai tak terkalahkan dan yakni bisa mengalahkan Kenshin.
Meski akhirnya rencana Shishio dan Juppongatana mengalami kegagalan, namun loyalitas Hoji masih tersisa. Riwayat Hoji tamat di penjara, ia bunuh diri dengan menggigit lidahnya sendiri, dan dengan darahnya ia menulis di dinding sebuah kalimat tanda loyalitasnya pada Shishio.

Sawagejo Cho


Seorang pemburu pedang yang mencari pedang-pedang langka dan unik, termasuk pedangnya yang amat sangat panjang namun fleksibel bernama Urumi.
Cho berhadapan dengan Kenshin ketika memperebutkan pedang terakhir Shakku. Kenshin yang menggunakan pedang lamanya yang sudah rusak kewalahan menghadapi Cho. Namun dengan pedang baru pemberian Seiku (keturunan dari Shakku), Kenshin berhasil mengalahkan Cho.
Dari Cho, Kenshin dan teman-temannya mengetahui banyak informasi mengenai Juppongatana termasuk segala rencana jahat mereka. Selepas Shishio dan Juppongatana berakhir, Cho bahkan bekerja menjadi bawahan Saito sebagai seorang informan.

Honjo Kamatari

Meski terlihat cantik dan berpakaian layaknya perempuan, Kamatari sebenarnya adalah seorang laki-laki. Lebih parah lagi, Kamatari juga seorang homo yang mencintai Shishio dengan sepenuh hati.
Dalam pertempuran, Kamatari bersenjatakan sebuah sabit dengan bandul besi di ujung senjata dengan berat mencapai 30 kilogram, bernama Ogama. Melalui pertarungan sengit, Kamatari berhasil dikalahkan oleh duet Kaoru dan Misao.




Kariwa Henya

Juga disebut Penerbang Henya, teknik bertarungnya disebut Hiku Happa, dimana ia akan terbang lalu melempari musuhnya dengan dinamit dan kadang menggunakan pisau atau pedang.
Henya bersama empat orang Juppongatana lainnya bertugas menyerang Aoi-Ya, markas dari Kyoto Oniwabanshu. Henya berhasil dikalahkan dengan susah payah oleh Yahiko dan pada akhir kisah, Henya dijadikan mata-mata oleh pemerintahan lantaran kemampuannya tadi.

Iwanbo

Makhluk besar, gemuk dengan muka yang terlihat bodoh ini merupakan anggota Juppongatana yang paling tidak berguna. Bagaimana tidak, dalam penyerangannya ke Aoi-ya, Iwanbo hanya diam, tak bergerak, dan tak bicara apapun layaknya orang bodoh. Pada akhir kisah pun, Ia hanya tampak terlihat di pinggir Kyoto.
Kenyataan mengajutkan baru terkuak setelahnya di Jinchu arc, dimana Iwanbo ternyata adalah boneka mekanik yang dikontrol oleh master boneka Gein, yang merupakan salah seorang Rokunin Nakama bentukan Enishi Yukishiro.



Elder Saizuchi

Saizuchi adalah orang tua pendek yang tidak memiliki kemampuan bertarung. Satu-satunya kelebihan yang dimilikinya adalah dapat mengatur manusia raksasa bernama Fuji dan menyuruhnya untuk melakukan apapun yang ia inginkan, termasuk menghancurkan lawannya.
Saizuchi kalah seiring dengan kekalahannya Fuji dari Hiko Seijuro, guru dari Kenshin, ketika penyerangan Aoi-Ya. Saizuchi yang kalah akhirnya bekerja untuk pemerintah di Departemen Diplomasi usai kegagalan rencana Shishio dan Juppongatana.

Fuji


Manusia raksasa yang dikenal dengan sebutan Fuji ini memiliki masa kecil yang pahit karena bentuk tubuhnya yang raksasa. Pada suatu hari, Fuji diserang dan nyris terbunuh, beruntung Saizuchi menemukan dan menyelamatkannya. Namun ternyata Saizuchi malah memanfaatkan kekuatan Fuji dengan memanipulasi pikirannya dan membuatnya menuruti segala keinginan Saizuchi.
Kekalahannya dari Hiko membuat Fuji sadar bahwa ada orang lain yang melihatnya tidak sebagai seorang monster. Akhir kisah Juppongatana, Fuji dipekerjakan oleh pemerintah di utara Hokkaido.


#10 Apostles of the Stars (Black Cat)

Apostles of the Stars

Manga : Black Cat
Author : Yabuki Kentaro
Nama Kelompok : Apostles of the Stars
Nama Lain : Hoshi no Shito, Apostles, Utusan Bintang
Deskripsi Singkat : Sekumpulan pembunuh berkekuatan Tao
Tujuan : Melenyapkan manusia lemah dari muka bumi
Pimpinan : Creed Diskenth
Anggota : Shiki, Charden Flamberg, Kyoko Kirisaki, Deek Slasky, Doctor, Durham Glaster, Eathes, Echidna Parass, Igor Planter, Leon Elliott, Maro, Preta Ghoul

Apostles of the Stars atau disebut Hoshi no Shito dalam versi Jepangnya. Merupakan grup penjahat pimpinan Creed Diskenth dalam manga Black Cat. Grup ini dibentuk dengan tujuan jahat melenyapkan umat manusia yang tidak bisa menggunakan kekuatan Tao, sehingga hanya manusia terpilih dan terkuat lah yang bisa bertahan hidup.

Dalam manga Black Cat, grup yang juga sering disingkat The Apostles ini tentu mendapat perlawanan dari para tokoh utamanya. Train Heartnet bersama grup sweepernya Sven dan Eve, juga para anggota Chronos yang memang ditugaskan untuk melenyapkan Creed dan anak buahnya. Pertarungan besar yang sarat emosi pun terjadi yang nantinya menjadi akhir dari kisah Black Cat.

Berikut anggota Apostles of the Stars:

Creed Diskenth


Pemimpin Apostles dan juga seorang mantan anggota Chronos. Memiliki hubungan masa lalu dengan Train Heartnet, dimana Train adalah partner sekaligus orang yang dikaguminya sewaktu di Chronos. Hingga akhirnya jalan hidup Train berubah semenjak bertemu dengan Saya, membuat Creed merasa dikhianati dan akhirnya membuatnya melenyapkan sweeper cewek tersebut guna membuat Train kembali seperti semula. Ternyata hal itu malah membuat Train marah yang akhirnya memicu pertikaian diantara mereka berdua.
Kekuatan Tao yang dimiliki Creed adalah memanipulasi pedang Kotetsu miliknya menjadi pedang Imagine Blade. Imagine Blade sendiri memiliki beberapa tingkatan. Level 1 dari Imagine Blade adalah berupa pedang tembus pandang yang dapat dipanjangkan hingga 80 meter. Level 2 dari pedang ini adalah berupa pedang hitam yang memiliki kesadaran sendiri, perwujudan dari pikiran Creed. Pada tahap ini Imagine Blade dapat diayun menjadi cambuk dan bahkan bisa menggigit lawan. Level 3, pedang Imagine Blade akan menyatu dengan tangan Creed, meningkatkan kecepatan dan kekuatan tebasan pedang. Pada level MAX, pedang Imagine Blade akan berubah semakin besar dan kuat.
Selain senjata Imagine Blade, creed juga memiliki God's Breath nanomachines dalam tubuhnya yang mampu meregenerasi tubuhnya dengan cepat. Dengan kemampuan tersebut, Creed seakan mempunyai tubuh abadi.
Meski terlihat kuat dan sulit dikalahkan, namun segala ambisi dan kejahatan Creed akhirnya bisa ditaklukan Train di akhir cerita.

Shiki


Tangan kanan Creed dan juga merupakan anggota klan Tao yang masih tersisa. Sebagai seorang Taoist yang berasal dari Itairiku, Shiki dapat menggunakan Tao secara alami. Kekuatannya sebagai seorang Master-Level Taoshi membuatnya dapat memanipulasi energi Chi dalam tubuhnya, kekuatan itu dapat diterapkannya untuk membuat ledakan, tembakan energi bahkan membuat naga dari api.
Selain kemampuan itu, Shiki lebih sering memanggil serangga dan memanfaatkannya untuk menyerang lawan, termasuk manusia serangga bernama Setsuki. Dalam manga, Shiki berhasil dikalahkan oleh Train, sedangkan di anime, nyawanya berhasil dilenyapkan oleh Anubis, Chronos VI.

Charden Flamberg

Anggota Apostles of the Stars ini selalu memakai kaca mata hitam dan topi, serta berpakaian serba gelap. Karakter yang lebih sering terlihat membaca buku ini memiliki kekuatan untuk mengontrol darah, baik darahnya sendiri atau darah lawannya. Darah tersebut bisa ia kontrol menjadi senjata yang dapat menyerang dan mencabik musuh di hadapannya.
Di Apostles, Charden dekat dengan Kyoko dan terlihat lebih sering bersama gadis itu. Sewaktu terjadi pertempuran pun, Charden melarikan diri bersama Kyoko untuk menghindari pertikaian.
Di akhir cerita manga, Charden tampak mengeluarkan darah dari mulutnya seperti sebuah gejala penyakit. Ironis bagi seseorang yang menggunakan darah sebagai senjatanya.

Kyoko Kirisaki


Seorang gadis remaja siswi SMA ini menjadi anggota Apostles lantaran kekuatannya dalam mengontrol dan memanipulasi api. Dengan kekuatannya, maka membakar lawan adalah semudah membalik telapak tangan. Cara membunuh yang paling disukainya adalah dengan mencium lawannya kemudian membakarnya dari dalam tubuhnya.
Sebagai seorang musuh, Kyoko malah jatuh cinta pada Train. Selanjutnya Kyoko lebih memilih kabur bersama Charden untuk menghindari pertempuran.
Di akhir kisah Black Cat, Kyoko terlihat kembali ke kehidupan normalnya sebagai seorang gadis pelajar bersama teman-temannya.

Deek Slasky


Memiliki kemampuan Tao dalam mengontrol dan memanipulasi kekuatan es. Serangannya dapat berupa membekukan lawan, menyerang dengan pisau es, atau membuat pelindung es di sekitar tubuhnya. Deek berhasil dikalahkan Sven menggunakan kemampuan Grasper Eye yang dimilikinya.

Doctor

Memiliki ketertarikan dalam pengembangan dan penerapan nanomachines. Sebagai pengguna Tao, Doctor juga memiliki kekuatan untuk menciptakan Warp World, dunia lain dimana imajinasi seseorang dapat menjadi kenyataan. Dengan kekuatan tersebut, seseorang dapat terperangkap dalam Warp World dan tak kan pernah keluar lagi.


Durham Glaster


Memiliki kekuatan mengisi revolvernya dengan energi Tao yang dimilikinya. Menghasilkan tembakan bola api yang berdaya hancur tinggi. Sebagai seorang penembak, Durham ingin menjadi yang terbaik dengan melawan Train. Namun soal menggunakan senjata api, Train jelas jagonya dan Durham dapat dikalahkan dengan mudah.


Eathes


Seekor monyet yang memiliki kemampuan berbicara dan berpikir layaknya manusia setelah meminum ramuan Tao. Kekuatan Tao yang dimilikinya adalah berubah wujud menjadi orang lain termasuk mendapatkan ingatan dan kemampuannya, meski tidak dapat dikuasainya secara mendalam. Pada akhir kisah, Eathes malah berpihak pada kubu Train dkk.

Echidna Parass

Mantan artis yang juga pemilik kekuatan Gate. Dengan kekuatan Tao-nya itu, Echidna dapat membuat semacam portal antar dimensi untuk berpindah tempat. Kekuatan tersebut dapat dimaksimalkan dengan tembakan peluru dari pistolnya, membuat peluru itu dapat ditembakkan dari sudut mana pun yang ia inginkan.
Sebagai anggota Apostles, Echidna adalah yang paling setia pada Creed, kesetiaannya itu lebih kepada perasaan hatinya, dimana ia mencintai pimpinannya tersebut. Pada akhir kisah Black Cat, Echidna lah yang membawa pergi tubuh Creed yang dalam kondisi kritis baik fisik dan mentalnya setelah kalah dari Train.

Igor Planter


Memiliki kemampuan mengontrol tumbuhan dan menggunakannya sebagai senjata. Dapat dikalahkan oleh Eve dan Train.

Leon Elliott


Bocah kecil yang gemar menaiki papan luncur ini memiliki kemampuan mengatur angin. Dengan kemampuannya itu, Leon sering tampak sedang terbang dengan papan luncurnya. Selain mengontrol angin untuk terbang, Leon juga mampu mengatur udara, mencekik lawan hingga kehabisan udara, hingga membuat angin yang dapat menyayat tubuh lawannya.
Pada akhir kisah Leon yang semula lawan, menjadi bersahabat dengan Eve. Bahkan kedekatan mereka sempat membuat Sven mengira mereka telah berpacaran.

Maro


Seorang Taoshi sama seperti Shiki. Kemampuan yang dimilikinya adalah memanipulasi gravitasi. Dengan kekuatannya tersebut, lelaki yang berpenampilan seperti atlet sumo ini dapat membuat peluru yang mengarah kepadanya berjatuhan serta meningkatkan kekuatan pukulan dan serangan. Sepak terjang Maro berakhir di tangan Train.


Preta Ghoul


Mempunyai kekuatan membusukkan segala benda yang bersentuhan dengan tubuhnya. Efek dari kemampuannya tersebut dapat ditingkatkannya hingga sekitar area tempatnya berdiri. Berhasil dikalahkan oleh River di versi manga, sedangkan di anime, Sven lah yang berhasil menaklukannya.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Jangan Lupa Kritikkan dan Sarannya, dan Tinggal sesuatu untuk Uploadernya meski cuma ucapan "Terima Kasih".

Sahabat Terbaik